TAMAN VERTIKAL GARDEN TERBESAR

TAMAN VERTIKAL GARDEN FRANCESCO BOLLANI

Taman Vertikal Garden Termegah

Terkagum kagum saya melihatnya ketika mengunjungi  taman vertikal garden yang dibuat oleh seorang bernama  Francesco Bollani seorang arsitek asal Italia ini.


gambar taman vertikal garden terbesar didunia
gambar 1 taman vertikal garden terbesar didunia
source image Linda Pelsoh




Kata salah satu pemandu wisata bahwa sang kreator Fransesco membutuhkan waktu 90 hari lamanya hanya untuk membangun dinding bagian depannya. Taman vertikal garden ini menjadi daya tarik bagi wisatawan sekaligus tempat buat bergaya dan mejeng untuk berfoto foto ria.  

gambar 2 taman vertikal garden terbesar didunia
gambar 2 taman vertikal garden terbesar didunia
source image Linda Pelsoh

Taman vertikal Garden yang terletak di pusat perbelanjaan   kota  Razzano, Milan, Italia ini menggunakan 44.000  tanaman vertikal garden dari 200 jenis tanaman untuk taman vertikal gardenya. Bayangkan untuk membuat taman vertikal garden seluas kurang lebih 1.263 meter persegi ini berapa nilai yang harus dikeluarkan untuk biaya pembuatannya ya ?.  

gambar 3 taman vertikal garden terbesar didunia
gambar 3 taman vertikal garden terbesar didunia
source image Linda Pelsoh


Taman vertikal garden yang dirancang oleh sang kreator Fransesco ini menggunakan rangka  besi untuk menopang tanaman dalam jumlah yang cukup banyak dengan ketinggian sekitar 5-8 meter. Menurut data yang ada taman vertikal ini menghabiskan biaya sekitar  1,3 Euro kalau dikalikan deng kurs rupiah sekitar  19,500,000,000 rupiah  angka yang fantastis untuk sebuah taman terbesar dan termegah di Italia dan di seluruh dunia. Taman vertikal garden ini memperoleh  gelar taman vertikal garden terindah dan termegah didunia dari Guinness  of Record. Taman Vertikal Garden yang di buat oleh Francesco Bollani serta merta membuat Nama Sang Kreator mencuat  dan mendunia sebagai seorang arsitek tentunya. 

gambar 4 taman vertikal garden terbesar didunia
gambar 4 taman vertikal garden terbesar didunia
source image Linda Pelsoh


Bermimpi boleh juga  memiliki harapan untuk membuat taman vertikal garden dengan skala seluas seperti taman  vertikal garden yang dibuat oleh Franscesco di Indonesia sehingga menjadi daya tarik para wisatawan khususnya baik lokal maupun mancanegara. Dan saya yakin bahwa  suatu saat akan ada taman vertikal garden seperti di Italia itu di Indonesia yang memperkenalkan tanaman untuk taman vertikal garden yang berasal dari Indonesia.Menurut saya taman vertikal garden bisa diwujudkan di bangunan monomen bersejarah contoh seperti Monomen Nasional sehingga menjadi daya tarik wisatawan serta menambah indah dan jauh dari kesan gersang disekitar monomen tersebut. Boleh juga nanti saya akan sarankan ke bapak Jokowi untuk ide yang positip dalam rangka mendatangkan wisatawan mancanegara mengunjungi Monomen Nasional seperti di Whasinghon DC Amerika Serikat. Hahaha bolehkan namanya juga bermimpi berharap siapa tau menjadi kenyataan. Hmm Amin.

jasa pembuatan website murah

Komentar